Tuesday, April 28, 2015

Resep Ayam Bumbu Bali Pedas Enak gurih dan Cara Membuatnya

 
ayam bumbu bali

 

Resep Ayam Bumbu Bali Pedas Enak gurih dan Cara Membuatnya

Cara membuat Resep Ayam Bumbu Bali Sederhana. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani penting yang dibutuhkan tubuh kita. Selain harganya yang cukup terjangkau dibandingakn dengan sumber protein hewani yang lain, daging ayam juga bisa kita olah menjadi berbagai macam masakan dengan mudah, seperti ayam bumbu rujak, resep rica rica ayam, ayam bakar kecap dan yang lainnya. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat masakan ayam spesial memakai resep bumbu bali, yaitu Resep Ayam Bumbu Bali. Salah satu variasi resep masakan bali ini memang sangat mengundang selera. Dengan menggunakan beberap macam bumbu rempah dan bumbu khas Indonesia, ayam bumbu bali pedas ini sangat cocok sekali untuk teman makan nasi untuk menu santap siang atau malam.
Selain untuk kebutuhan gizi anak anak di masa pertumbuhan, orang dewasa atau lanjut usia pun sangat membutuhkan kandungan protein hewani dari resep ayam bumbu bali enak ini untuk kebutuhan sehari hari. Selain banyak mengandung kandungan protein hewani, resep masakan asli Indonesia kali ini juga banyak mengandung viatmin C dan vitamin yang lain. Tentu saja, seperti resep telur bumbu bali atau resep bumbu bali yang lain, resep masakan ayam kali ini juga bercitra rasa pedas. Tetapi kalau memang ada anggota keluarga yang tidak terlalu suka pedas, teman teman bisa mengurangi komposisi buah cabai dan merica bubuk yang digunakan.
Mungkin Resep Ayam Bumbu Bali memang tidak sepopuler resep ayam yang lain dan jarang bisa kita temukan di rumah makan atau restauran terkenal, tetapi kalau masalah rasa tidak kalah lho dibandingkan resep masakan populer yang lain. Tidak hanya rasa kuah kental khas bumbu bali nya saja yang membuat orang ketagihan untuk menikmatinya, aroma yang kuat yang keluar pasti membuat setiap orang ingin mencicipinya. Seperti resep masakan Indonesia yang lain, resep kali ini memang membutuhkan beberapa bahan rempah untuk bumbu halusnya. Tetapi teman teman tidak perlu khawatir, cara membuat ayam bumbu bali secara keseluruhan cukup mudah lho. Tidak perlu seorang koki, teman teman yang tidak biasa memasak pun dengan mudah bisa membuat Resep Masakan Ayam Bumbu Bali dengan mudah, asal mengikuti langkah langkah dan menggunakan bahan bahan yang sudah kita jabarkan dibawah.


Bahan bahan Resep Ayam Bumbu Bali Pedas

  1. Seperti namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar kualitas bagus dan masih segar. Cuci bersih dahulu sebelum digunakan dan potong sesuai selera (biasanya kurang lebih 8 sampai 16 potong per ekor).
  2. Gula pasir kurang lebih sebanyak 1-1.5 sendok kecil. Bisa menggunakan gula pasir putih atau gula pasir kuning.
  3. Daun salam yang masih bagus kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  4. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil atau bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  5. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau 2 sendok teh.
  6. Air bersih untuk merebus ayam dan bumbunya supaya lebih meresap dan dagingnya empuk kurang lebih sebanyak 700-750 ml.
  7. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan dan ditumis (BUMBU HALUS).
  8. Bawang merah yang bagus kurang lebih sebanyak 9-10 pcs. Sebaiknya menggunakan bawang merah lokal supaya aromanya lebih keluar dan tercium. Cuci dahulu dan kupas sebelum digunakan dan dihaluskan (BUMBU HALUS).
  9. Terasi yang sudah dibakar sebelumnya supaya aroma dan rasa khas bumbu bali nya keluar kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja (BUMBU HALUS).
  10. Buah cabai merah keriting yang masih segar dan bagus kurang lebih sebanyak 7-9 buah atau sesuai selera (BUMBU HALUS).
  11. Buah tomat segar ukuran sedang besar sebanyak 1 buah saja (BUMBU HALUS).
  12. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 6 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera (BUMBU HALUS).
  13. Minyak goreng baru untuk menumis bumbu halusnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.

Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Sederhana

  1. Seperti biasa, jangan lupa cuci semua bahan yang akan digunakan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Haluskan terlebih dahulu bumbu halusnya, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai dan terasi. Bisa menggunakan blender atau menggunakan cara manual dengan cara di uleg pakai tangan.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng yang sudah dipersiapkan diatas.
  4. Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang sudah dihalsukan diatas lalu aduk aduk sebentar supaya rata.
  5. Masukkan daun salam yang sudah dicuci bersih lalu aduk aduk lagi beserta bumbu halus yang lain sampai tercium bau harum keluar.
  6. Masukkan daging ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong sebelumnya ke dalam wajan penggorengan. Aduk aduk supaya semua bagian dagin ayam tercampur dengan resep bumbu bali nya sampai berubah warnanya.
  7. Masukkan gula pasir, garam dapur beryodium dan merica bubuk yang sudah dipersiapkan di atas dan aduk aduk lagi supaya tercampur dengan daging ayam dan bumbu yang lain.
  8. Tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan aduk dengan bumbu lainnya.
  9. Sesekali aduk aduk kembali supaya semua bagian tercampur rata dan tidak gosong sampai bumbu bali meresap ke dalam dagingnya dan empuk.
Buat teman teman yang tidak suka pedas sama sekali, memang resep ayam dengan bumbu bali ini mungkin tidak terlalu cocok untuk menu masakan yang akan disajikan. Tetapi buat teman teman yang memang suka pedas, Resep Ayam Bumbu Bali ini sangat cocok sekali disantap bersama nasi putih yang masih hangat dan sepotong kerupuk. Buat teman teman yang tidak hobi kakan pedas bisa mencoba variasi resep masakan  yang lain seperti Resep Ayam Kecap atau Resep Opor Ayam Spesial kami. Selamat mencoba dan jangan lupa share resep kali ini ke teman atau saudara yang lain ya.


Selamat mencoba , semoga bermanfaat , dan jangan lupa bagi bagi ya.

Resep Ayam Bumbu Bali Pedas Enak gurih dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanesa

0 comments:

Post a Comment

.